Senin, 13 Maret 2017

Sukses Di Usia Muda Bukan Cuma Modal Mimpi, Beberapa Hal Mendasar Berikut Ini yang Perlu Diyakini dan Dijalani



Siapa sih yang enggak ingin sukses di usia muda? Tentu semua ingin menyegerakan cita-cita dan harapannya supaya tercapai tanpa harus menunggu lama hingga tua kan.

Yup, sukses bukan cuma soal usia kok. Buktinya, kita semakin banyak disuguhkan beragam kisah sukses yang diraih oleh anak muda. Meski begitu, jangan pernah lupa bahwa tak akan ada kesuksesan tanpa perjuangan dan usaha keras.

Nah, beberapa hal mendasar berikut ini juga bisa menjadi pedoman kamu dalam menapaki karir dan usahamu ke depannya supaya tidak salah jalan dan segera mapan.


1. Temukan passion-mu, lakukanlah dengan penuh totalitas untuk terus tingkatkan kualitasnya.

Temukan passion-mu.
Passion bisa menjadi kunci dalam menjalani hidupmu yang lebih bahagia. Jadi, jangan disepelekan begitu saja, kejar serta geluti hal yang kamu cintai itu dengan serius.

Misalnya, bila kamu bisa menemukan kebahagian dari kebiasaanmu memasak dan bereksperimen dengan beberapa jenis makanan, maka jangan biarkan potensi itu sekedar untuk memenuhi rasa laparmu saja. Jadikan hal tersebut sebagai investasi untuk peluang bisnis.

Perjuangan dari Junior Rorimpandey atau yang kita kenal dengan nama Chef Juna bisa menjadi salah satu pembelajaran.

Setelah sempat luntang-lantung di Amerika, Juna akhirnya menemukan passion-nya dalam bidang kuliner dan mengawali karirnya sebagai pelayan restoran khas Jepang di negeri Paman Sam tersebut.
Berkat kegigihannya, dia sempat diangkat menjadi murid master sushi di tempatnya bekerja.

Dari situlah karirnya terus berkembang hingga akhirnya dia juga pernah dipercaya menjadi juri di salah satu ajang bakat memasak di Indonesia.


2. Kesuksesan seringkali hadir dari orang-orang yang berani melawan arus dan mengambil risiko


Semua keputusan dan tindakan ada risikonya.

Ragu-ragu sering kali menggangu masa muda seseorang dalam menentukan pilihannya. Tapi, hal tersebut masih cukup wajar kok. Asal jangan biarkan itu berlarut-larut, karena seharusnya masa-masa itu bisa jadi pembelajaran supaya lebih matang  dalam membuat keputusan penting.

Jika kamu sudah menemukan passion­ yang sebenarnya, jangan ragu-ragu lagi melangkah, sekalipun itu berbeda dengan cara yang kebanyakan orang tempuh.

Risiko kegagalan pasti menghantui, apalagi jika passion-mu jauh dari profesi lain yang lebih menjanjikan. Tapi kamu enggak bakal tahu hasilnya jika enggak mencoba kan? Bisa saja jalan yang kamu tempuh menjadi hal baru yang justru mendadak populer.

Kamu bisa belajar dari seorang Hendy Setiono yang sukses bersama usaha Kebab Baba Rafi dan beberapa produk kuliner lainnya. Berawal dari hanya berjualan kebab dengan satu gerobak, hingga pernah ditipu dan ditinggal karyawan sempat mewarnai perjalanan dirinya sebagai pengusaha muda.

Bahkan, Hendy tidak segan untuk mengundurkan diri dari dunia akademiknya. Keteguhannya pada passion, serta kejeliannya melihat peluang bisnis membuat Hendy berani mengambil risiko dan terus melangkah.

Hasilnya, kini kamu bisa melihat ribuan outlet kebabnya tersebar ke berbagai daerah di Indonesia. Negara Malaysia, Filipina, hingga beberapa negara Eropa tidak luput dari invasi usahanya.


3. Ciptakan sesuatu yang menarik dan unik. Buat semua orang melirik hasil karya dan usahamu


Unik dan menarik.

Mulai sekarang jangan ragu tampilkan karyamu ke muka publik deh. Siapa tahu justru konsep unik yang kamu usung malah banyak dilirik publik.

Apalagi, sekarang sudah eranya serba digitalisasi yang serba mengandalkan media sosial. Berbekal kejelian melihat peluang usaha maka usahamu bisa lebih mudah dikenal khalayak luas.

Untuk urusan inspirasi kreasi unik, kamu bisa belajar dari Lucius Leon Worang dan Hocky Santha. Kecintaan dalam dunia horologi membuat mereka sukses mengangkat budaya Indonesia lewat karya jam Lucius dan Ki ( L & K).

Konsep dalam produk jam mereka tergolong unik, etnik dan segar karena menggunakan material dasar kayu dengan sentuhan goresan desain wayang yang indah. Walhasil, banyak negara di Asia hingga Eropa yang kepincut dengan produknya.

 4. Jangan sepelekan hobi, karena bisa jadi dari sanalah kamu bisa mewujudkan mimpi


Hobimu makin menguntungkan deh, ibaraat menyelam sambil minum air.

Pasti tidak sedikit dari kamu yang menjadikan hobi cuma sebagai kegiatan sampingan dan sekedar pelepas jenuh di akhir pekan. Coba deh kamu telusuri ulang potensi dalam hobimu tersebut, bisa jadi dari sanalah mimpimu bisa terwujud.

Untuk urusan hobi, kamu bisa belajar dari Adi Dharma yang sukses menjadikan hobinya dalam membuat graffiti sebagai profesi.


Seniman visual art mumpuni ini memiliki ciri khas bentuk lukisannya yang mengalir serta mengandalkan warna-warna cerah dalam graffitinya. Berkat kelihaiannya, Adi berhasil menggiring seni graffiti ke dalam galeri pameran tunggal berjudul Beatscape.


Image via: pexels.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar