Senin, 28 Desember 2015

Segudang Manfaat Dark Chocolate

Gambar: thepositive.com


Dahulu, Coklat dianggap kurang baik karena menjadi penyebab gigi berlubang, terutama bagi anak-anak. Tetapi berdasarkan hasil penelitian dokter dan ahli gizi jenis dark chocolate memiliki manfaat kesehatan. Menurut Jennifer McDaniel, MS, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Dark chocolate, yang berasal dari biji kakao memiliki kandungan flavonol yang sangat baik dalam menurunkan tekanan darah, memperlancar aliran darah dan mengurangi pembekuan darah.

Manfaat Kesehatan



1.       Mengurangi resiko serangan jantung dan stroke
Hasil tersebut berdasarkan studi besar di Australia tahun 2012, bahwa dengan mengkonsumsi dark chocolate setiap hari dapat mencegah penyakit pada kardiovaskular utama yang berujung penyakit jantung. Riset tersebut diperkuat dengan penelitian di Jerman, tahun 2010 selama delapan tahun pada  20 ribu orang, bahwa mereka yang mengkonsumsi sekotak dark chocolate sehari mampu mengurangi resiko stroke dan serangan jantung sebesar 39%.

2.       Mencegah diabetes
Menurut McDaniel juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, dari hasil penelitiannya menunjukkan bahwa antioksidan yang terkandung dalam dark chocolate mampu membantu kinerja hormon insulin dalam mengontrol gula darah.

3.       Meningkatkan kecerdasan
Dalam penelitian di Inggris menemukan, kadar flavonol dalam cokelat mampu meningkatkan aliran darah ke otak sehingga membantu meningkatkan kecerdasan, kewaspadaan dan kemampuan kognisi. Kandungan lemak tak jenuh dalam dark chocolate bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menjaga kadar kolesterol tubuh.

4.       Menjaga kesehatan kulit
Kali ini kadar flavonol juga berperan dalam melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dan menjaganya agar tetap sehat.

5.       Mampu menurunkan berat badan
Bagi yang memiliki masalah dengan berat badan berlebih, dark chocolate mampu mengurangi berat badan. Cukup dengan melelehkan sekotak kecil dark chocolate di dalam mulut selama 20 menit sebelum makan akan menimbulkan perasaan kenyang. Hal ini juga dapat dilakukan untuk mengurangi kebiasaan ngemil yang menjadi penyebab kegemukan.

Kadar Kemurnian Cokelat Harus Tepat















Tidak semua dark chocolate sehat. Kadar gula yang biasanya terkandung tidak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang. Pilihlah dark chocolate  yang memiliki kadar coklat murni sebesar 70%. Karena, semakin tinggi kadar cokelat murninya maka semakin besar kadar flavonol yang baik untuk jantung. Hindari juga kandungan lemak susu atau minyak sayur terhidrogenasi karena keduanya adalah jenis lemak jenuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar