Senin, 17 Agustus 2015

Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Indonesia




Yup ini blog pertama sekaligus postingan pertama gua (horayyy !!) masih keliatan cupu ya? no problemo, saya di sini cuma mau berbagi tentang sedikit hal yang saya pelajari, mudah-mudahan bermanfaat guys :D

Tanpa kita sadari lalu lintas kata demi kata sering kali terdengar di telinga kita tanpa kita ketahui makna yang sebenarnya, terutama soal pembahasan yang agak berbobot (hayoo!!) Kalo kita mau sedikit kepo soal bahas kita, masih banyak yang perlu kita telaah soal perbendaharaan kosakata bahasa kita (Indonesia).

Well, ini sedikit tips berdasarkan pengalaman pribadi yang sederhana biar tulisan kita lebih komprehensif (duilee), berbobot dan menambah khazanah bacaan kitan jadi kita kita ga keliatan sotoy saat menyebutkan kata tersebut alias asbun tanpa tau esensi alias makna inti dari kata tersebut.
Check This Out:

1. Rajin Baca


Udah pasti kalo perbendaharaan kosakata bahasa Indonesia kita mau bertambah ya harus baca guys. Minimal, kita punya minat baca sekaligus nambah pengetahuan kita biar tulisan kita dan rangkaian kata-katanya yang disebutkan lebih berbobot.

2. Pilih Bahan Bacaan yang Sesuai dengan Minat Kita


Ini soal minat sih, tapi ga ada salahnya baca isu-isu yang lagi berkembang dan yang terpenting menyertakan referensi sumber bacaan yang kompeten terkait hal itu, jangan lupa juga narasumber dari pakarnya yaa biar lebih joss.

3. Teliti



Harus cermat setiap nemuin kata yang sekiranya kita belum tahu artinya. Selain mencermati makna dan gagasan utama dari tulisan, mulai dari tiap paragraf sampai keseluruhan tulisan, kita juga perlu cari tau arti kata yang kita ga tau artinya biar sinkron.

4. Kepo 




Eiittsss, jangan mikir yang gimana dulu ya. Kepo di sini  maksudnya pengen tahu dalam hal positif, mendingan kita kepoin ilmu pengetahuan termasuk makna dibalik kosakata yang belum kita tahu lho guys, dijamin ga rugi dan untung banget malah. Motivasi kepo ini agar kita selalu pengen tahu arti kata itu dan berusaha negdapetinnya.

5. Gunain Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)



Nah, setelah kita kepo kita harus memuaskan rasa ingin tahu kita itu dengan mencari jawaban yang memberikan kepastian bukan angan-angan (apadaaah !!??). Maksudnya, jawaban dari berbagai kosakata rumit itu bisa kita temuin arti dan maknanya secara gamblang dan detail di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Usahain referensi itu dari cetakan pemerintah langsung dan pembuatnya terpercaya (karangan JS Badudu misalnya). Jadi udah pasti valid, atau sekarang ada fasilitas KBBI digital berupa software yang tersedia sekaligus bisa diunduh dan digunakan di gadget kita.


Oke sekian dulu dari gua ya guys, namanya belajar ga ada hentinya kan. Terus kembangin kemampuan berbahasa kita, cintai bahasa kita dengan mengenalnya lebih dalam jauh lebih dalam... jauh lebih dalammm (hati-hatin kehipnotis hehee). Ya kalo bukan kita, siapa lagi? budaya dan bahasa adalah salah satu cara lebih dekat dengan Indonesia yang sebenarnya kan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar