Jumat, 04 September 2015

Masa Kecil Kita Bahagia (MKKB - Edisi 90'an)



Melanjutkan perjuangan teman-teman lain yang menampilkan kejenakaan yang kita rasakan zaman 90'an. Tentang masa lampau yang punya semboyan, keterbatasan tak jadi penghalang kebahagian. Bahagia itu sederhana, saya setuju luar biasa. Terinspirasi dari akun media sosial Generasi 90'an dan kawan-kawan lain yang juga menyebarkan masa kecil mereka di masa itu, konten sederhana (soft content) edisi 90'an ini saya persembahkan.

Dari kebiasan, makanan, mainan hingga tayangan di masa 90'an serba keterbatasan teknologi, tetapi berdasarkan imajinasi  mereka semua mampu berkreasi. Temuan berikut ini yang dirasakan pernah ada di 90'an dan tak lekang oleh ingatan. Check this out and enjoy the time traveling :)

1.Gambaran 

Pernah mainin ini pastikan anak-anak 90'an? hehe ini salah satu jajanan paling murang dan hits di zamannya, belinya di tukang ager atau abang-abang mainan. Koleksi bermacam-macam, kebanyakan berasal dari kartun di zaman itu.






























2. Penghapus Kreatif

Coba bayangin pensil yang kita gunain dulu itu kehabisan (biasanya ada di bagian belakang) atau ga ada penghapus. Padahal lagi ujian atau tugas nyatet, yang selesai cepet bisa pulang duluan. Terpaksan kita pake 'gituan'


3. Dunia Dalam Berita

Dunia jurnalistik Indonesia berawal dari sebuah stasiun TV mana? Yap dari TVRI, the legend of news. Dulu konten yang dinamakan Dunia Dalam Berita ini menjadi acara wajib tayang untuk semua stasiun televisi swasta yang lain lho guys. Berita pada masa itu semacam dimonopoli oleh satu kekuasaan, yaitu pemerintahan Jadi ga heran, kalo zaman dulu ada waktu khusus untuk penayangan Dunia Dalam Berita diantaranya jam 19.00 dan 21.00 WIB (kalo ada jadwal lain bisa koreksi ya, udah lupa, di atas jam 21.00 dulu udah tidur, hehe). Seiring perkembangan zaman dan era reformasi 98, akhirnya bermunculan berita dari berbabgai media yang megusung demokrasi dan kebebasan pers sampai sekarang ini. News anchor atau pembawa berita TVRI di bawah ini yang saya ingat betul. Ada yang tau namanya siapa? Eh jangan lupa ada translater buat keterbatasan fisik (tuna rungu) di pojok kanan bawah layar televisi, nice prototype :)


4. Snack Kenji Koboy Kocak

Snack ini legend banget di zaman 90'an. Selain murah, meriah dan gurihnya tak lekang oleh zaman, hahaha. Jangan lupa ada treasure alias 'harta karun' atau hadiah yang ditunggu-tunggu. Maklum, snack zaman dulu banyak hadiahnya, hehehe Masih ada yang tau di mana jualnya? kalo ga, silahkan bayangin rasanya sambil liat gambar di bawah ini :)



5. Kapal Dua Tak

Kalo yang ini namanya kapal dua tak, hehehe. Kok bisa, ya karena suara nya yang cukup bisisng. Kapal ini dinyalakan dengan menyantolkan kapas yang dibubuhi minyak (untuk sumbu) kemudian ditaruh di bagian dalam kapal, kemudian kapal akan berjalan dan mengeluarkan suara unik deh, hehehe. Ini jadi jawara buat transportasi khayalan zaman dulu guys. Saya pertama kali temukan ini waktu jalan-jalan ke pasar, kalo temen-temen 90'an ketemu ini di mana?


6. Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap (RPAL) dan Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap (RPUL)

Ini perannya kurang lebih sama seperti om google dan tante wikipedia zaman sekarang. Kalo pelajarin ini serasa tau semua, hahaha. Salah satu buku paling wajib di kalangan SD anak-anak 90'an.


7. Anak Mas

Jajanan kita zaman dulu ya ini, mie kering berbumbu hehehe. Anak Mas banyak mengalami modifikasi dari segi rasa lho guys, sampe ada yang rasa keju juga. Dan, nikmatnya saat mie habis kita nyari-nyari bumbunya di pojokan bungkus yang masih ada, so yummii hahaha.


8. Bird Glider

Dulu ga tau sama sekali namanya, tapi burung yang terbuat dari gabus (styrofoam) dan ada moncong plastik di paruhnya sebagai pemberat ini bisa terbang tinggi lho.  Imajinasi kita seakan-akan terbang di atas burung ini, layaknya film Angling Dharma atau Brama Kumbara gitu hahaha 


9. Galasin

Ini permainan tim namanya, harus punya kegesitan sekaligus kecepatan. Terkadang gara-gara permainan ini kita lupa waktu bahkan berseteru hehee. Dan, permainan ini buat kita jadi banyak gerak alias sehat. Masih ada di lingkungan kamu yang memainkan permainan ini guys?


10. Tamagochi

Salah satu masa perkenalan saya dengan mainan berteknologi 90'an :)). Bagi yang ga mau ribet pelihara hewan, tamagochi ini jadi pilihan. Harganya berkisar 25ribu'an seingat saya. Umur hewan Tamagochi berkisar belasan tahun gitu dan hewannya bervariasi. Kalo saya pelihara Dinosaurus alias T-Rex hahaha (ga heran kalo ngasih alasan pulang duluan pas nongkrong sama teman beberapa waktu lalu, bilangnya ngasih makan T-Rex) hahaha.



11. Tazos

Ini paling wow juga, sampe keranjingan beli snack bermerk Chiki, Cheetos dan Jet- Z demi dapetin Tazos dengan gambar yang diinginkan. Gambarnya berasal dari tokoh kartun kenamaan zaman dulu, apalagi kalo bukan Looney Toons. Dulu sempet ada buku khusus untuk majangin tazos nya juga. Mainan ini berkembang terus seiring dengan bentuk dan fungsinya nya dari zaman ke zaman dan cukup lama bertahan. Otomatis snack mereka laku keras kan hahaha. Ayo berapa koleksi tazos kalian? bisa diterbangin dan dibentuk macam-macam juga ya kan.


12. Majalah Bobo

Siapa yang dulu kecilnya berlangganan Majalah Bobo? Majalah ini memperkenalkan saya dan temen-temen 90'an tentang dunia pengetahuan yang dikemas menyenangkan. Gimana ga, pengetahuan yang mereka sajikan dalam bentuk ilutrasi cerita dan gambar kartun. Kita juga disugukan cerita-cerita legend khas Bobo seperti 'Deni Manusia Ikan' dan 'Bona & Rong-Rong'. Belum lagi keluarga Bobo yang rame hingga tokoh cerita Paman Kikuk, Husin dan Asta ,anjingnya.


13. Ria Enes dan Susan

"Susan, Susan, Susan, kalo gede mau jadi apa?."  Penggalan lirik barusan mengingatkan kita pada salah satu lagu 90'an Ria Enes dan bonekanya bernama Susan. Mendidik kita buat punya cita-cita dan harapan. Apa kabarnya mereka berdua ya?. Oiya, lagu berkualitas seperti ini masih ada ga di zaman sekarang? miris ya kalo urusannya masih kecil udah lagu cinta-cintaan.





14. Si Doel Anak Sekolahan

Film ini salah satu acara wajib keluarga zaman dulu. Tentang Si Doel dan keluarganya yang berasal dan tinggal di tanah Betawi ini, menceritakan perjuangan Si Doel yang bercita-cita jadi orang sukses. 'Bumbu' percintaan juga  hadir antara Zaenab (Maudy Koesnaedi) dan Sarah (Cornelia Agatha) yang memperebutkan cintanya Doel. Masih inget lagunyaa pembukanya? atau inget episode dimana Atun (anak Benyamin di Si Doel) terperangkap tanjidor (alat musik Betawi) sampai heboh serumah? hahaha. 


15. Tamiya dan Dinamo 'Kilikan'

Siapa bilang anak kecil era 90'an ga doyan modifikasi kendaraan? Tamiya ini jadi kebanggaan tersendiri buat kita lho guys, apalagi dinamonya bukan dari bonus tamiya nya, alias beli lagi. Macam-macam merk dinamo dari Hyper Dash 1 dan 2, Panther hingga yang top yaitu Chukin. Tapi, masih kalah sama dinamo modifikasi khusus dengan benang tembaga yang bervariasi warnanya lho guys, dinamakan dinamo 'kilikan'. Biasanya, musim tamiya ini bener-bener strategis datangnya, yaitu setelah lebaran, saat kantong kita lagi 'penuh' sama uang THR ya hahaha. Mainnya di sirkuit track khusus atau ke arena bermain yang nyediain. Oiya ada yang inget gear langsung? bisa lebih mempercepat laju tamiya lho hehehe


16. Mighty Morphin Power Ranger

Ini dia jagoan kita yang ternama, pas banget datang setiap liburan alias hari minggu di stasiun televisi swasta RCTI (hari film anak 90'an, hehehe). Power Ranger generasi pertama di Indonesia ini menggunakan robot-robot dari karakter zaman dinosaurus guys. Begitu terkenalnya, sampai produknya dijadikan mainan hingga kemasan botol minum anak-anak guys. Hayoo Ranger favorit kamu warna apa? :))

17. Dragon Ball Z

Ini jadi salah satu pilihan film kartun di tengah 'banjir' anime di era 90'an yang tayang di stasiun televisi swasta Indosiar. Perjalanan kisah Songoku mencari bola naga (Dragon Ball) yang bisa mengabulkan apa saja ini, jadi bahan rebutan. Kisah panjang dan berliku, hingga kemampuan bertarung Goku seiring waktu semakin hebat dan mampu menjadi Super Saiyan 1 - 3 (kalo Super Saiyan 4 di Dragon Ball GT). Film kartun ini juga berkembang dan mengisahkan Goku bersama teman-teman (sampe punya isteri, anak dll hehe) melawan musuh-musuh mereka yang selalu ingin menguasai dunia (alasan klasik penjahat di film-film). Film karya Akira Toriyama ini juga laku keras jadi minatur mainan hingga gambaran seperti jagoan-jagoan 90'an lainnya lho guys.


18. Doraemon

Kartun ini bisa dibilang Best of The Best, setuju? Semua kalangan juga suka sama kartun yang mengisahkan Nobita, seseorang  yang kurang dalam hal pelajaran dan olahraga hingga bisa dibilang lemot. Kemudian datanglah Doraemon dari laci kamar Nobita asal abad 22 membawa kantong ajaib berisi berbagai peralatan canggih. Dari situlah, persahabatan dan petualangan Nobita berlangsung dengan bantuan Doraemon, agar masa depannya lebih baik. Komik karya Fujiko F. Fujio ini aslinya sudah ada di Jepang sejak tahun 70'an, sedangkan di Indonesia menjadi salah satu kartun pelopor Indonesia (lupa tahun berapa datengnya, pokonya legend, dari lahir udah ada hehe). Episode atau peralatan Doraemon apa saja yang kamu inginkan ada di dunia nyata?



19. Telepon Umum Koin

Alat komunikasi kita zaman dulu, telepon umum salah satunya. Sebelum pager dan handphone hadir, telepon umum jadi andalan, murah dan merakyat, hehe. Selain itu dulu juga ada wartel (warung telekomunikasi), perbedaan dengan telepon umum, wartel dibayar menggunakan uang dalam jenis apapun (yang penting rupiah), sedangkan telepon umum harus menggunakan koin. Tantangan menggunakan telepon umum dan wartel ya mesti sabar antri kalo lagi rame. Berakhirnya era telepon umum ini semenjak handphone laris manis dan fasilitas ini banyak dirusak bahkan dijarah uang koinan yang menjadi biaya untuk meneleponnya (hayo siapa yang pernah?).


20. Permen Karet Yosan

Ini jajanan paling misterius di era 90'an, lho? Ya, seperti biasa permen karet ini juga berhadiah, tapi dengan syarat, yaitu mengumpulkan huruf Y-O-S-A-N secara keseluruha. Tapi, pernah ada yang bisa kumpulin ga? Sungguh terlalu ya, hahaha. Permen karet Yosan bisa jadi pelopor permen karet di era 90'an juga guys.

21. Coklat Payung

Jajanan ini salah satu variasi bentuk jajanan zaman dulu guys, laku banget. Dengan harga yang murah dan dijamin kenyang (kalo makannya banyak, heheh). Masih adakah yang mengkonsumsi ini sampe sekarang?

22. Cokelat Choyo Choyo

Ini juga jadi alternatif jajanan era 90'an yang penuh dengan surga makanan. Murah? udah pasti guys. Salah satu produk yang dikeluarkan dari Merk Yosan ini juga punya warna warni coklat dibawahnya (entah cokelat juga atau bukan, rasanya sama kok guys dan enak)

23. Gimbot

Teknologi portable game pelopor, salah satunya gimbot ini. Semacam nyusun bangunan dua dimensi ini kemudian disusun sedemikian rupa biar sesuai, secara bentuknya bervariasi dan makin nambah levelnya makin sulit dan cepet. Ditambah lagi, ada kata-kata 'bego lu' kalo kita salah meletakkan posisinya, ada-ada aja ya guys,hahaha. Siapa yang masih punya dan masih bisa digunain? saatnya nostalgia :)

24. Uang 500 perak bisa jadi mainan

Inget uang 500 perak yang bisa buat kita kenyang? lho? Iya anak-anak 90'an bisa bersenang-senang jajan dengan uang segitu guys. Jangan sedih yang hidup zaman sekarang ya, hehehe. Oiya, kalo kehabisan bahan untuk permainan sama teman kita, kita bisa main kata-kata'an cuma dengan uang yang bergambar rumah dan orang utan ini lho. Masih ingat kan, hahahah.






25. Gulali

Kalo ini jajanan yang wajib ada di SD ya ga? hahah. Abang-abangnya nongkrong di depan sekolahan dengan gerobak dan semacam wajan yang berisi permen cair. Dicolek oleh sang tukang gulali, diputer-puter dibentuk bahkan ditiup, taraaaa, jadilah bentuk berbagai macam dan rupa. Dan ini juga salah satu proto type order sesuai keinginan pembeli alias custom order. Ya dong, si abang bisa bentuk permen sesuai keinginan bentuk pesanan si pembeli. Gimana, hebat ga? :))






































26. Gundu

Kalo ini acara wajib saat istirahat di sekolaah atau sore dan saat pulang sekolah. Macam-macam warna ditampilkan dan ini jadi rebutan. Ini jadi salah satu permainan yang kadang buat kita lupa waktu karena dimainkan rame-rame. Tanpa sadar sudah sore aja. Oke waktunya pulang kawan :)


27. Gambar Pemandangan

Apa yang terbayangkan dari kalian? dua gunung, satu sawah, satu jalan miring dan ada rumah, jangan lupa tambahin burung-burung. Gambar itu merupakan karya anak bangsa yang paling fenomenal karena banyak yang buat. Dan sekarang tetap eksis karena jadi semacam ilmu turun menurun, hahaha. Jangan lupa dikumpulin gamabarnya ke guru Kerajinan Tangan dan Kesenian (KTK) ya guys, hehehe.

28. Pletokan

Nah kalo yang ini kita temui kalo sering berpetualang. Kalo kita pilih yang sudah tua alias kering (warna kecoklatan) kita ambilin terus basahin di dalam air deh. Diam dan perhatikan apa yang terjadi. Semacam meledak atau melenting guys, heheh. Masih ada yang bisa temui tanaman ini guys? Let's do this experiment :)



29. Kaset Lagu

Nah anak generasi 90'an pasti udah tau gimana caranya dapetin lagu terbaru dari musisi kesayangannya. Industri musik dunia paling tidak masih menggunakan teknologi kaset  sampai tahun 2008'an, selebihnya udah kalah saing sama mp3 yang instant kita miliki tanpa khawatir rusak atau berubah kualitas suaranya. Inget kebiasaan muter kaset secara manual guys (dengan pulpen atau pensil) that's amazing hahaha. Lagu apa yang pertama kali kamu denger atau beli kasetnya?



30. Sari Bunga

Tanaman ini masih sering kita temuin bahkan sampai sekarang guys, siapa aja yang udah pernah nyobain sari bunga  ini? hehehe. Rasanya yang manis membuat kita sering kali 'iseng' nyobain kalo nemuin tanaman ini. Dipetik, ambil semacam isi batang dari dalamnya, keluar sari bunganya dan cobain deh, manisnya alami tanpa pemanis buatan hehehe.


Gimana cukup buat temen-temen 90'an tersenyum ketawa sendiri? inilah dunia kita era 90'an, dengan segala kekurangan dan kelebihan. Masa kecil kita yang unik inilah yang kelak bisa kita ceritakan atau bahkan wariskan untuk anak cucu kita kelak di masa depan. Masih banyak pernak pernik dan konten 90'an lainnya sebenarnya. Ayo kalian coba ingat-ingat apalagi yang kalian temukan saat kalian berada di era 90'an. Bahagia itu sederhana, sesederhana menikmati nostalgia ini :)

#Time Traveler

Tidak ada komentar:

Posting Komentar